Integrasi IDM di Chrome Dicekal

Intergrasi atau penyelarasan IDM dengan Chrome banyak sekali dibahas di media online. Umumnya membahas tentang sebuah pertanyaan "Bagaimana mengintegrasikan IDM dengan Google Chrome?". Tentu saja ini tidak perlu lagi kita bahas di sini.

Permasalahan integrasi IDM dengan Chrome ternya tidak hanya berkisar pada pertanyaan di atas. Ternyata ada pertanyaan lainnya, yaitu "Bagaimana mengintegrasikan kembali IDM yang telah DICEKAL atau dilarang integrasinya oleh Google Chrome?". Ini artinya IDM sama sekali tidak bisa di intergasikan ke google chrome. Kalau IDM sudah dilarang masuk oleh Chrome lantas bagaimana? Biasanya mahasiswa seperti saya (apalagi orang indonesia) enggak mau pusing dengan hal ini, langsung saja nyari solusinya di google. Namun ternyata informasi tentang hal ini minim sekali. Akhirnya beralih sedikit ke eksperimen alias ngotak-ngatik. Hasilnya bisa ditebak lah...

Solusi pertama:
Install ulang program IDM nya. Memang agak sedikit ribet, apalagi yang pake "Aktivasi Ilegal", akan sedikit menyita waktu. Namun imbalannya lumayan, bisa berhasil bisa enggak. BIASANYA sih berhasil. Kalau nggak berhasil ya coba lagi. Kalau nggak berhasil terus-terusan mending stop aja.

Solusi ke dua:
Update IDM anda. Ini termasuk solusi yang agak simpel sebab nggak perlu bongkar pasang IDM dan langkahnya lumayan sederhana. Cukup buka Program IDM -> Pilih menu "Help" pada bar di bagian atas -> pilih "Check for updates", udah.


Kendala pada proses ini yaitu biasanya dicekal oleh antivirus. Solusinya -> antivirusnya dimatiin dulu bentar. Setelah proses update selesai IDM sudah bisa digunakan dan diintergrasikan kembali ke Google Chrome. Cara mengintegrasikannya bisa dipelajari di sini

Masalah baru
Konsekuensi setelah Update IDM, terutama pada program IDM yang sebelumnya dipasang dengan menggunakan "Patching" adalah "PEMASANGAN SECARA ILEGALNYA KETAHUAN". Ini tentunya menimbulkan masalah baru lagi. Biasanya IDM nggak mau dipake buat download. Kalaupun bisa dipakai buat download, pesan seperti gambar di bawah akan sering muncul. Bagi saya itu sangat mengganggu.

Solusi ke tiga:
Solusi ke tiga ini bisa dibilang sebagai penyempurna solusi ke dua. Caranya dengan download IDM versi terbaru beserta "tools patch"nya. Biasanya sudah tersedia satu paket. Cara inilah yang kemungkinan keberhasilannya besar. Pertanyaannya, kenapa harus repot-repot membahas solusi yang kedua di atas jika ada solusi yang ketiga ini? Apa hubungan solusi ke dua dan ke tiga? hehe.

Alasan pertama yaitu biasanya dengan cara ke dua bisa berhasil dan tidak menemui kendala "serial fake", walaupun kebanyakan yang mengalami masalah tersebut. Alasan kedua dan yang paling utama adalah untuk mengetahui versi terbarunya IDM. Dengan begitu kita bisa beralih ke langkah yang ke tiga ini yaitu mencari (di google) dan memasang IDM versi terbaru beserta patchnya. Jadinya nggak asal-asalan nyari dengan menggunakan kata kunci yang masih umum, seperti kata kunci "Download IDM versi terbaru" di google. Hah? Versi terbaru?
IDM versi 6.19. Versi IDM bisa dilihat di pojok kanan atas.
Di belantara google jika menggunakan kata kunci "terbaru" itu hasilnya relatif atau kadang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, sebab kualifikasi situs-situs web di "search engine google" (secara sederhana) ditentukan oleh banyaknya pengunjung yang mampir. Untuk orang yang masih awam menggunakan search engine hal tersebut tentunya menimbulkan masalah. Ditambah lagi dengan fenomena banyaknya promotor IDM di berbagai situs Internet yang mengklaim sebagai yang TERBARU. Jadi bingung tuh yang mana versi terbarunya.

Berikut link download IDM terbaru (saat ini ditulis) -----> IDM v. 6.19
Berikut link download Patch IDM terbaru (saat ini ditulis) ------> Patch
Password "www.bagas31.com"

Kesimpulan: Masalah integrasi IDM yang dicekal oleh Google Chrome dapat diselesaikan dengan Update IDM versi terbaru.

Selamat mencoba....

Referensi: 
1. http://amithahirsch.wordpress.com/2012/10/15/integrasi-internet-download-manager-idm-ke-google-chrome/
2. http://www.bagas31.com/2014/04/internet-download-manager-619-build-6.html
3. http://nym-artopraph.blogspot.com/2013/03/tips-cara-mengintegrasikan-idm-dengan.html
Artikel Terkait
Share on Google Plus
"Semoga Menginspirasi"
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Tanggapan:

Posting Komentar