Perjalanan ke Sambas desa Temajuk Kalimantan Barat

temajuk sambas | sambas | kalimantan barat
Temajuk merupakan nama sebuah desa yang memiliki destinasi wisata alam yang cukup memukau. Terletak di kecamatan Paloh, kabupaten Sambas Kalimantan Barat dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Temajuk cukup dikenal dikalangan masyarakat Kalbar. Lokasi wisata yang paling menarik perhatian wisatawan adalah pantainya yang asri, serta merasakan petualangan ke negeri jiran.

Untuk menuju ke Temajuk memerlukan kesabaran. Tantangannya adalah akses yang kurang baik dan jarak tempuh yang jauh (perbatasan Kalbar-Malaysia bro...). Memang ada beberapa wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat, namun menurut saya pribadi idealnya sampai saat ini ialah menggunakan kendaraan roda dua. Lebih gesit dan cenderung efesien untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan. Jika ditempuh dengan sepeda motor, maka rata-rata perjalanan dari kota sambas menuju temajuk adalah sekitar 5 sampai 6 jam perjalanan.

Jika kita berangkat dari kota sambas, maka perjalanan ke temajuk berawal dari desa Lorong yang berdekatan dengan polres sambas. Selusuri saja jalan utamanya lalu kita akan menemukan jembatan Kartiase. Nah dari jembatan ini sampai ke penyeberangan pertama kondisi jalan cukup parah, jadi bersabarlah...!! hehe.. Sedikit informasi, pada perinsipnya untuk sampai ke Temajuk adalah dengan cara mengikuti jalan utama, jadi kemungkinan besar tidak akan tersesat.

Penyeberangan Sungai Di Paloh
Untuk sampai di Temajuk, kita akan akan menyeberangi dua buah sungai besar. Kita bisa memilih menggunakan ferry atau kapal pengangkut. Untuk kapal pengangkut biasanya diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor, dimana masing masing kapal berisikan tiga buah sepeda motor dan beberapa penumpang. Masing-masing motor ditarik tarif angkut sebesar 8 ribu rupiah untuk hari biasa, dan 10 - 15 ribu rupiah untuk hari-hari padat penumpang (biasanya pada hari libur nasional).
Pada penyeberangan pertama biasanya akan ditanya "ingin ke sekura, atau ke paloh?", bilang saja ke paloh biar lebih dekat.
Kondisi jalan dari penyeberangan pertama sampai kedua lumayan bagus. Jadi sudah bisa sedikit santai. Jika bertemu dengan daerah yang bernama "Tanah Hitam", berarti sudah setengah jalan menuju penyeberangan ke dua. Masih jauh menuju ke Temajuk. Sabar...!!
Perlu diketahui, Tanah Hitam adalah wilayah pesisir, artinya wilayah ini juga memiliki lokasi wisata pantai, nama pantainya ya "Pantai Tanah Hitam".
Di penyeberangan ke dua tidak ada ferry. Yang ada hanya kapal-kapal kecil pengangkut dan sebuah kapal penyeberangan berukuran agak besar yang mampu mengangkut kendaraan roda empat.

Setelah melalui penyeberangan ke dua ini sebaiknya persiapkan masker, sebab perjalanan selanjutnya akan sedikit berdebu jika cuaca panas atau kering.

Perjalanan dari penyeberangan dua sampai ke Tugu Garuda di desa Temajuk kita akan disuguhkan pemandangan hutan dan semak belukar. Bisa dibilang perjalan ini adalah perjalanan menerobos hutan dan semak belukar. Jarang sekali ditemukan pemukiman, jadi sebaiknya persiapkan bahan bakar kendaraan yang cukup dan cek kembali kondisi kendaraan agar optimal. Pejalan ini ditempuh sekitar 45-50 km.

Tugu Garuda Temajuk. Sumber google
Jika telah bertemu dengan Tugu Garuda, itu pertanda sudah mendekati akhir perjalanan. Dari sini sudah mulai tampak pemukiman warga.

Yang menarik dan jangan terlewatkan!
Jika niat sobat sekalian adalah untuk menikmati indahnya pantai yang masih asri, hamparan pasir pantai yang luas, air laut yang jernih, dan cocok untuk ber-camping, maka berhentilah di Surau pertama (berwarna putih) setelah beberapa ratus meter melewati tugu garuda. Kenapa? Sebab di dekatnya ada pantai yang cukup indah.

Pantai Sixteen
Pantai ini dinamakan pantai 16 (Sixteen) sebab terletak di RT 16 dusun Camar Bulan. Atau kami menyebutnya pantai nomor dua, karena merupakan destinasi wisata nomor dua di peta wisata temajuk.
Peta wisata temajuk dibuat oleh rekan-rekan mahasiswa dari UGM. Peta ini ditempatkan di dekat penginapan di lokasi wisata Telok Atong. 
Dari Surau berbeloklah ke sebelah kiri, setelah menyeberangi jembatan kayu tidak lama sobat akan bertemu dengan pemandangan pantai yang indah menghadap laut Natuna dengan hamparan pasir yang luas dan air pantai yang jernih serta jajaran pohon cemara yang rapi. Bahkan sobat bisa bersepeda motor atau bersepeda di atas pasirnya yang luas. Indah...

Sumber Google

Nah, untuk gambaran tempat wisata lainnya di Temajuk ada baiknya sobat cari tau sendiri dengan mencicipinya keindahannya secara langsung. 

Sedikit info untuk wilayah pantai yang dipenuhi bebatuan dan karang laut ada baiknnya sobat mengunjunginya tatkala air laut sedang tinggi pada bulan-bulan tertentu.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi negeri jiran malaysia, tepatnya di perkampungan Telok Melano (sarawak). Tidak perlu paspor, cukup mengisikan identitas kita di pos perbatasan. Disana kita akan merasakan suasana perkampungan malaysia mirip di filmnya upin dan ipin. Dari Telok Melano kita juga bisa menikmati keindahan wilayah pesisir laut cina selatan.

Bentuk rumah panggung khas penduduk telok Melano
Pos Polisi Telok Melano
Kondisi Perkampungan Telok Melano
banner peringatan hari kemerdekaan malaysia


Pesisir Pantai Perkampungan Telok Melano
Artikel Terkait
Share on Google Plus
"Semoga Menginspirasi"
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Tanggapan:

Posting Komentar