Pengertian Tagline, Contoh Tagline, Jenis Tagline

Istilah Tagline berasal dari bahasa Inggris. Kata ini belum ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia, juga belum ada di 'Kamus Besar Bahasa Indonesia' (KBBI).

Merujuk kepada kamus-kamus bahasa Inggris, pengertian tagline identik dengan slogan. Tagline adalah rangkaian kalimat pendek yang dipakai untuk mengasosiasikan sebuah BRAND (merek) atau perusahaan di benak konsumen, misalnya tagline lampu Philips "Terus Terang Terang Terus".

Eric Swartzm, seorang penulis dan ahli brand tagline mendefinisikan tagline sebagai "susunan kata yang ringkas (biasanya tidak lebih dari 7 kata), diletakkan mendampingi logo dan mengandung pesan brand yang kuat ditujukan kepada audience tertentu".

Ringkasnya, tagline adalah kata atau frasa yang mudah diingat dan digunakan oleh kelompok atau bisnis untuk menarik perhatian.

Pada dasarnya, tagline memiliki kedekatan dari segi fungsi dengan slogan, Jargon, Moto dan Semboyan. Yang jelas ia adalah kalimat untuk brand potitioning yang menjadi ciri khas, pembeda, dan "bahasa iklan" untuk menarik minat publik.

Di dalam buku berjudul "Mendesain Logo" yang dikeluarkan oleh teman-teman Desain Grafis Indonesia (DGI), jenis-jenis tagline jika dibagi berdasarkan sifatnya dapat dibagi menjadi beberapa macam;

DESCRIPTIVE
Menerangkan produk / servisnya / janji brand. Contohnya:
1. HSBC "The World's Local Bank"
2. Hemaviton "Stamina Plus"
3. TEBS "Tea With Soda"

SPECIFIC
Memposisikan dirinya sebagai yang terunggul dibidangnya. Contoh;
1. FROZZ "Raja Mint"
2. apapun makanannya, minumnya TEH BOTOL SOSRO
3. permen wangi ya RELAXA

SUPERLATIVE
Memposisikan dirinya sebagai yang paling unggul. Contoh;
1. YAMAHA "Semakin di Depan"
2. KAPAL API "Jelas Lebih Enak"

IMPERATIVE
Menyuruh / menggambarkan suatu aksi, biasa diawali dengan kata kerja. Contoh;
1. Santai, ada SANKEN
2. Untung Pakai ESIA
3. PEGADAIAN "Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah"
4. LA LIGHT "Enjoy Aja!"

PROVOCATIVE
Mengajak / menantang / memancing logika atau emosi, seringkali berupa kalimat tanya. Contoh;
1. Oli Anda TOP ONE Juga Kan
2. X-MILD "Ekspresikan Aksimu"
3. Orang Pintar Minum TOLAK ANGIN

Demikian. Semoga menginspirasi....

Sumber:
Lihat; artikel "Pengertian Slogan, Tagline, Jargon, Moto, dan Semboyan", dikutip dari; http://www.komunikasipraktis.com/2014/12/pengertian-slogan-tagline-jargon-moto-visi-misi.html

Lihat; Surianto Rustana, dalam buku "Mendesain Logo", edisi 2013
Artikel Terkait
Share on Google Plus
"Semoga Menginspirasi"

2 Tanggapan: