Slide gambar blogspot macet (tidak bergerak)


Assalamualaikum wr. Wb.
Tampilan slide gambar pada blog –khususnya blogspot- tentunya menambah kesan ‘canggih’ terhadap blog. Bukankah begitu? Tentu saja terkesan ‘canggih’. Bagaimana tidak, dengan tampilan slide gambar yang berubah-ubah tiap periode waktu tertentu (yang konstan) pada blog maka blog akan terasa lebih ‘hidup’. Memang tidak semua blogger merasakan kesan ‘canggih’ ini, terlebih lagi para blogger yang menguasai Java Script atau yang  telah lama berkelindan dengan aksesoris blog.  Namun untuk para awam, maka kesannya akan sedikit beda.

Untuk pembaca yang penasaran ingin tahu cara pemasangan aset Slide Gambar pada Blog, silahkan berselancar di Mbah Google. Informasinya sangat komplit dan beragam, dari A sampai Z. Loh, jadi saya akan berbagi informasi apa nih? Saya tetap akan berbagi informasi tentang Slide Gambar pada Blog, namun bukan terkait pemasangan aset ini, melainkan membahas konteks yang berbeda.

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang slide gambar pada blog tatkala slidenya macet, nggak gerak. Pada kasus ini tampilan slide sama sekali tidak bergulir, macet, dan hanya menampilkan satu gambar saja pada konten slide. Meskipun tanda panah (next) pada slide di klik berkali-kali tetap saja gambar tidak bergulir. Padahal di HTML konten slide sedang dalam keadaan oke tanpa cacat.

Lalu bagaimana solusinya? Saya yakin para blogger yang mengalami hal demikian kemungkinan besar menduga bahwa template blog sedang rusak. Atau setidaknya konten slide tersebut sedang rusak. Maka opsinya adalah mengganti template baru atau mencabut konten slide lama lalu diganti dengan konten slide baru (Dilakukan di: Template>Edit HTML). Namun masalah sebenarnya bukalah dikarenakan rusaknya template atau rusaknya konten slide.

Saya telah mengalami hal ini, dan juga telah mencoba mengganti konten slide pada HTML, namun tidak ada perubahan. Slide tetap saja nggak gerak. Bahkan saya telah mengganti template blog dengan template yang baru (dengan wujud slide yang baru pula), dan hasilnya bisa ditebak: sama saja. Buat jengkel bukan?

Setelah didiagnosa dengan metode kotak-katik akhirnya ketemu akar masalahnya. Yang menyebabkan slide stag adalah widget random posting atau popular post yang dibuat dengan tampilan sliding. Widget ini biasanya ditempatkan di bagian pinggir blog. Tugas widget ini yaitu secara otomatis menggulirkan (secara terus menerus) daftar posting teratas, atau daftar posting, atau daftar popular post dengan bentuk sliding. Kalimatnya ribet bukan? Kalu gitu liat gambarnya aja deh. Atau liat barangnya langsung di pinggir kanan dari blog ini.

Nah, konten inilah yang buat slide gambar pada blog mengalami stag alias nggak gerak. Dengan demikian saya sarankan bagi siapa saja -yang kurang ngerti tentang HTML- yang mengalami kasus stag slide tersebut maka untuk membuang jauh-jauh widget ini. Insya Allah dengan demikian, slide gambar pada blog akan kembali beroperasi.

Lalu, kalau ditanya: Kenapa widget ini bisa berimplikasi 'jahat' terhadap konten slide gambar pada blog? Jawabannya: saya juga nggak ngarti.... hehehehe...  kabuuur.....
Artikel Terkait
Share on Google Plus
"Semoga Menginspirasi"

11 Tanggapan:

  1. Blog saya http://kampus-sipil.blogspot.com/ Slidenya gak bisa bergerak ... Setalah mengikuti petunjuk diatas kok tetap saja tidak bergerak yah..

    Mohon petunjuknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung ane baca komennya,,,,,haha,,,,,,,,

      gak jadi tak ubah Lah,,,,,takut kaya sampeyan....wkwkwkw

      Hapus
  2. MOHON PETUNJUKNYA... SLIDE BLOG SAJA JUGA GAK BERGERAK PADA HAL SUDAH IKUTI PETUNJUK DIATAS..

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti ada widget lainnya yang mengganggu... cara satu satunya save kodenya lalu bongkar pasang widget satu persatu. cayo...

      Hapus
  3. gan,cara mengganti gambar dengan ukuran pada slide di blog gmn??? soalnya ane ganti koq besar trs :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca di ----> http://sikomolewatsungai.blogspot.com/2014/04/menentukan-ukuran-yang-tepat-untuk.html

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Masih gak bisa bergerak nih slidenya,,,

    BalasHapus
  6. thanks gan!! jadi bisa lagi
    visit http://pengisiberita.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. itu penyebabnya adalah karena anda dobel memasang script ajax.googleapis.com/ajax/" kode ajax dengan versi berapapun entah mungkin di posisi HTML atau di widget.

    salam Pendidikan
    coba lihat di http://raushuluddin.blogspot.co.id

    BalasHapus