Wifi Limited Access

Jaringan internet wifi kini semakin populer. Hal itu tidak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi seperti laptop dan smartphone. Bahkan tak salah kiranya jika ada yang berpendapat perkembangan jaringan internet berbasis wifi kini sudah menggeser popularitas internet berbasis kabel seperti di warnet-warnet.

Namun tidak semua pengguna jaringan internet berbasis wifi mengenal sistem ini dengan baik sehingga beberapa pengguna mengalami masalah saat menggunakan sistem jaringan internet ini.

Salah satu kendala yang umum saat menggunakan sistem jaringan wifi ini adalah "tidak bisa akses internet".

Pernyataan "tidak bisa akses internet" tersebut tentunya masih sangat umum untuk diberikan solusi. Artinya perlu diselidiki kenapa perangkat kita (dengan menggunakan jaringan wifi) tidak bisa berselancar di dunia internet dengan lancar.

Masing-masing jaringan wifi yang menggunakan pintu akses "password" untuk menggunakannya biasanya memerlukan perlakuan yang berbeda. Misalnya askes jaringan wifi id dari Telkom biasanya menghendaki penggunanya untuk terlebih dahulu menampilkan beranda wifi id di browsernya (mozila/google chrome, dll). Biasanya dengan mengakses 1.1.1.1 di browser. Jika perangkat sobat tidak bisa menampilkan beranda wifi id maka sobat tidak bisa menggunakan layanan wifi id dari Telkom secara legal.



Oleh sebab itu menyalahkan sistem jaringan secara mentah-mentah bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Ada baiknya untuk memahami perangkat yang kita miliki terlebih dahulu.

Selain jaringan wifi id, jaringan "wifi biasa" juga sering mengalami masalah sulit akses. Ada beberapa kondisi atau tanda-tanda dimana perangkat tidak bisa akses internet. Biasanya pada laptop atau PC (yang sudah terpasang hardware dan sofware wifinya dengan baik) pada taskbar wifi memberikan indikator "Limited Access". Dalam kondisi normal indikatornya adalah "Connected" pada saat dikoneksikan, meskipun ada tanda seru (!) pada ikon wifi di taskbar.

Tanda jaringan wifi tidak terkoneksi dengan baik
ke perangkat

Tanda jaringan wifi terkoneksi dengan perangkat
Tak jarang saya temukan bahwa penyebab limited accsess tersebut adalah sistem firewall dari antivirus yang terpasang di perangkat tertentu. Sistem firewall ini banyak diadopsi dalam sistem proteksi virus dari antivirus komputer. Biasanya yang sering saya temukan adalah pada pengguna antivirus avast dan avira. Maka solusinya adalah dengan mematikan sistem firewall ini.

Mematikan firewall avast
Langkah langkah untuk mematikan sistem firewall avast sebagai berikut:
1. Masuk ke halaman beranda avast. Cara singkatnya dengan klik 2x pada ikon avast di taskbar.
2. Masuk ke tab "Setting" kemudian ke tab "Active Protection".



3. Matikan firewall avast dengan klik tombol "ON" yang berada di jejeran kanan jendela avast.
4. Pilih opsi "Stop until restart" saja. Selesai


Selanjutnya silahkan koneksikan perangkat sobat ke jaringan wifi. Jika sebelumnya sudah dikoneksikan, maka putuskan dan koneksikan kembali.

Jika ada masalah lainnya terkait artikel ini bisa sobat share atau ceritakan di kolom komentar. Saya pamit...
Artikel Terkait
Share on Google Plus
"Semoga Menginspirasi"

6 Tanggapan:

  1. Knp klo punyaku udah bisa login trs pas ku matikan pc trs nyalain lg gak terkoneksi lg ke wifi id dan pas mau download game malah gak ada koneksi padahal sdh login wifi id tadinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asumsi saya pc agan kena malware. Klw kena malware DNSnya gonta ganti mulu. Pernah liat kasusnya. (Cuma asumsi loh ya)

      Hapus
  2. di avast saya kok gak ada firewall nya ya._.

    BalasHapus
  3. Kalo yg tadi anda jelaskan itu, kondisi modem/router nya sedang normal atau bagaimana? Karna indikator wifi saya cuman menunjukan "yg bentuk wifi batang" saja. Jadi kalo di lihat di laptop juga limited access

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg normal kodenya "conected" bang. Kalo "limited..." berati ada kendala

      Hapus