Masalah "Found #81 : Hacking Tools" Pada Ragnarok Online

Salam pembaca,
Sudah lama sekali tidak mengunjungi game online pertama yang saya kenal. Ragnarok Online, dibawah manajemen lyto memang sempat mengalami masa keemasan dan menjadi primadonanya para pecinta game online di Indonesia.

Niat saya waktu itu adalah sedikit bernostalgia, maka pada suatu kesempatan saya langsung mengunjungi situs Lyto lalu mendownload game Ragnarok Online. Untuk mendownlodnya dapat mengunjungi link di sini. Size nya sekitar 2 giga.

Pada tahap Installasi, semuanya lancar jaya. tidak ada kendala dan prosesnya juga tidak berbelit-belit. Ini nilai plus untuk manajemen Lyto. So, selanjutnya tahap gaming atau menjalankan gamenya.

Seperti dulu kala, proses untuk memainkan game online diawali dengan bismillah dan proses patching. Ini agak sedikit memakan waktu, tergantung keadaan koneksi jaringan internet dan kondisi Up To Date. Lalu proses selanjutnya adalah cek sistem oleh Delphine. Bagi yang sering bermain Point Blank ini ibarat "Hack Shield". Nah, saya pikir ini barang baru, yang jaman dahulu tidak ada, hehe. Tidak lain perisai Hack ini bisa eksis di belatara game online gara-gara banyak pemain yang memanfaatkan jasa Hacking Tool untuk membuat permainannya menjadi instan. Hacker indonesia memang keren...

Namun masalah muncul pada proses ini (cek sistem oleh Delphine). Saat proses mencapai 45% muncul peringatan berikut


Secara sederhana kita bisa menilai bahwa checking system oleh Delphine menemukan program terlarang yang dianggap sebagai Hacking Tools (konflik). Ini menyeramkan, karena sepengetahuan saya tidak ada program Hack Tools apapun yang sedang aktif di kompi saya. Berarti ada "Hantunya Hacking Tools" yang sedang bergentayangan di perabotan saya, hehe...


Pembaca sekalian yang sampai-sampai nyangkut dan membaca blog ini berarti sudah sampai pada tingkat frustasi yang tinggi. Nggak apa-apa, dulu saya juga frustasi. Karena memang kalau kita cari informasi mengenai cara mengatasi masalah tersebut -saat tulisan ini dibuat- belum ditemukan tulisan yang memuat cara mengatasi masalah di atas. Bahkan MUNGKIN di Kaskus pun blum ada (ini cuma kemungkinan loh). Sudah capek-capek download, eh.. nggak bisa dimainkan pula. Bahkan ada informasi liar yang memuat bahwa ini gara-gara menggunakan OS Windows 7. Ciyus..., masak gara-gara mau nostalgia doank saya harus install ulang OS ke versi jadul? Gila... Canggih bener dah.

Akhirnya saya putuskan untuk mengoperasikan Kompi dengan model Clean Booting. Artinya Komputer akan memulai booting atau pengoperasian -pada saat kompi dihidupkan- dengan program yang terbatas atau program-program standar semata.  Ini membantu menghilangkan konflik perangkat lunak yang terjadi ketika Anda menginstal program atau memutakhirkan atau ketika menjalankan program di Windows 8.1, Windows 8. Windows 7, atau Windows Vista. 

Langkah ini saya lakukan karena adanya informasi awal yang saya dapatkan bahwa: Jika ditemukan peringatan seperti gambar di atas atau sejenisnya, maka disimpulkan bahwa Delphine sedang mendeteksi adanya program Hacking atau bisa dibilang program yang digolongkan oleh Delphine sebagai Hacking Tools yang sedang berjalan di sistem komputer kita (konflik). Sedangkan kita -yang awam- tidak mengetahui program apa sebenarnya yang mengganggu Delphine. Program-program ini biasanya beroperasi secara otomatis pada saat Start Up komputer.

Langkah-langkah Clean Booting pada windows 7/Vista adalah sebagai berikut:
  1. Log masuk ke komputer dengan menggunakan akun yang memiliki hak administrator.
  2. Klik Mulai, ketik msconfig.exe dalam kotak Mulai Pencarian, kemudian tekan Enter untuk memulai utilitas Konfigurasi Sistem.
    Catatan Jika Anda diminta kata sandi administrator atau konfirmasi, Anda harus mengetikkan kata sandi atau memberikan konfirmasi.
    Tangkapan layar untuk langkah ini.
  3. Pada tab Umum, klik opsi memulai Selektif , kemudian klik untuk mengosongkan kotak centang Memuat item memulai. (Kotak centang Use Original Boot.ini tidak tersedia.)
    Tangkapan layar untuk langkah ini.
  4. Pada tab Layanan , klik untuk mencentang kotak Sembunyikan semua layanan Microsoft, kemudian klik Nonaktifkan semua.
    Tangkapan layar untuk langkah ini.

    Catatan Langkah ini memungkinkan layanan Microsoft tetap berjalan. Layanan ini meliputi Jaringan, Colokkan dan Mainkan, Pengelogan Aktivitas, Pelaporan Galat, dan layanan lainnya. Jika Anda menonaktifkan layanan ini, Anda mungkin secara permanen menghapus semua titik pemulihan. Jangan lakukan ini apabila Anda ingin menggunakan utilitas Pemulihan Sistem bersama-sama dengan titik pemulihan yang ada.
  5. Klik OK, kemudian klik Mulai Ulang.
=======================================================================
Langkah-langkah Clean Booting pada windows 8 adalah sebagai berikut:
  1. Geser di bagian tepi kanan layar, kemudian ketuk Cari. Atau, jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan-bawah layar, kemudian klik Cari.
  2. Ketik msconfig di kotak pencarian, kemudian ketuk atau klik msconfig.
    Tangkapan layar untuk langkah ini.
  3. Pada tab Layanan dari kotak dialog Konfigurasi Sistem, ketuk atau klik untuk mencentang kotak Sembunyikan semua layanan Microsoft, kemudian klik atau ketuk Nonaktifkan semua.
    Tangkapan layar untuk langkah ini.
  4. Pada tab Memulai dari kotak dialog Konfigurasi Sistem, ketuk atau klik Buka Pengelola Tugas
    Tangkapan layar untuk langkah ini.
  5. Pada tab Memulai dalam Pengelola Tugas, untuk setiap item memulai, pilih item kemudian klik Nonaktifkan
    Tangkapan layar untuk langkah ini.
  6. Tutup Pengelola Tugas.
  7. Pada tab Memulai dari kotak dialog Konfigurasi Sistem, ketuk atau klik OK, kemudian hidupkan ulang komputer. 
    Tangkapan layar untuk langkah ini.

Konsekuensi saat beroperasi dalam mode Clean Booting: Komputer Anda sementara akan kehilangan beberapa fungsionalitas ketika melakukan boot bersih. Ketika Anda memulai komputer secara normal, fungsionalitasnya akan kembali. 

Berdasarkan pengalaman, ini sangat berhasil mengatasi masalah di atas. Game RO bisa berjalan dengan lancar. Namun, sayangnya saya sudah sangat-sangat lupa bagaimana memainkan game RO. hihi

So, demikian para pembaca... Semoga tulisan ini bisa membantu.


=========
Referensi: http://support.microsoft.com/kb/929135
Artikel Terkait
Share on Google Plus
"Semoga Menginspirasi"
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Tanggapan:

Posting Komentar